Ketentuan voucher perjalanan

Jika perjalanan Anda tidak berjalan sesuai rencana, Anda berhak memperoleh pengembalian uang dalam bentuk voucher perjalanan. Berikut adalah ketentuan voucher Anda.

Syarat umum voucher

1. Ketentuan berikut memiliki makna sebagaimana diuraikan di bawah ini, kecuali konteksnya menyatakan lain:

  • Voucher EMD berarti Electronic Miscellaneous Document (Dokumen Lain-lain Elektronik). Ini juga disebut voucher Perjalanan.
  • KLM berarti KLM Royal Dutch Airlines dengan kantor yang terdaftar di Amstelveen, Belanda.
  • Delta berarti Delta Air Lines dengan lokasi yang terdaftar di Atlanta, Georgia, AS.
  • Air France berarti Air France dengan lokasi yang terdaftar di Paris, Perancis.
  • Penerbangan KLM berarti penerbangan apa pun dengan nomor penerbangan yang diawali KL.
  • Penerbangan Delta berarti penerbangan apa pun dengan nomor penerbangan yang diawali DL.
  • Penerbangan Air France berarti penerbangan apa pun dengan nomor penerbangan yang diawali AF.
  • Penerbangan Virgin Atlantic berarti penerbangan apa pun dengan nomor penerbangan yang diawali VS.

2. Agen, karyawan, atau perwakilan KLM tidak berwenang mengubah, memodifikasi, atau meniadakan salah satu dari syarat dan ketentuan ini.

3. Voucher yang tidak dapat diuangkan kembali bisa digunakan untuk pembayaran tarif KLM, Delta Air Lines, Air France, atau Virgin Atlantic saat tiket KLM atau Air France diterbitkan. Jumlah yang dapat digunakan tertera pada voucher.

Voucher dapat digunakan oleh:

  • pemilik voucher,
  • penumpang dengan nama keluarga yang sama,
  • penumpang yang bepergian bersama pemilik asli voucher, pada saat voucher ditukarkan.

Jika mata uang voucher berbeda dari mata uang yang digunakan pada tiket yang diterbitkan, nilai tukar yang digunakan adalah nilai jual bank lokal KLM. Jika pada saat pembayaran tiket tersisa sejumlah saldo pada voucher, voucher senilai jumlah sisa tersebut akan diterbitkan, tetapi syarat dan ketentuan terkait voucher asli akan tetap berlaku.

4. Voucher yang dapat diuangkan kembali bisa ditransfer langsung, sesuai jumlah pengembalian uang yang tercantum pada voucher, ke rekening bank Anda.

5. Untuk semua angkutan yang disediakan oleh KLM, Delta, dan Air France, syarat umum angkutan, tarif, peraturan tarif, dan syarat khusus angkutan mana pun yang berlaku di KLM, Delta, atau Air France, akan diberlakukan. Ketika angkutan disediakan oleh maskapai penerbangan lain, syarat umum angkutan maskapai penerbangan tersebut dapat berlaku.

6. Apabila voucher ini digunakan untuk angkutan Delta, Air France, atau penerbangan maskapai penerbangan lain, KLM hanya akan dianggap bertindak sebagai agen maskapai penerbangan tersebut dalam menerbitkan voucher ini.

7. Voucher tidak dapat diperjualbelikan. Voucher tidak dapat dipertukarkan atau dijual. Menukar atau menjualnya akan membuat voucher menjadi tidak valid.

8. Hanya penumpang yang akan bertanggung jawab atas vouchernya dan KLM tidak bertanggung jawab terhadap penumpang jika voucher telah digunakan oleh orang lain selain penumpang. Baik KLM maupun agen KLM tidak berkewajiban meminta orang yang menunjukkan voucher ini mengidentifikasi dirinya.

9. Pelanggan yang ditawari voucher dapat setiap saat menerima atau menolaknya. Saat menerima voucher, penumpang akan dianggap menyetujui dan menerima syarat dan ketentuan ini.

10. Voucher yang tidak dapat diuangkan kembali berlaku selama 12 bulan sejak diterbitkan, dan bisa digunakan untuk membeli tiket KLM atau Air France dalam perjalanan dengan tarif KLM, Air France, atau Delta Air Lines.

11. Voucher yang tidak dapat diuangkan kembali bisa digunakan untuk pembelian di awal atas produk dan layanan opsional lainnya (jika ditawarkan) pada penerbangan yang dioperasikan dan dipasarkan KLM atau Air France.

12. Voucher tidak dapat digunakan untuk pembelian di dalam penerbangan (baik yang dapat diuangkan kembali maupun tidak).

13. Syarat dan ketentuan dapat berubah.

Ketentuan voucher yang dananya tidak dapat dikembalikan

Saat mengajukan permintaan atas voucher yang dananya tidak dapat dikembalikan pada Air France atau KLM, penumpang menyetujui syarat dan ketentuan kami. Sebelum memilih voucher yang dananya tidak dapat dikembalikan, pastikan untuk membaca ketentuan ini dengan cermat dan jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan kepada layanan pelanggan kami jika perlu.

1. Permintaan sukarela untuk voucher yang dananya tidak dapat dikembalikan

1.1 Voucher yang dananya tidak dapat dikembalikan hanya dapat diminta secara sukarela. Yang dimaksud sukarela adalah bahwa penumpang telah memutuskan untuk tidak lagi melakukan penerbangan.

1.2 Voucher yang dananya tidak dapat dikembalikan dapat diterbitkan untuk tiket yang dibuka penuh (tiket yang tidak digunakan) atau tiket yang digunakan sebagian, untuk kupon yang belum digunakan. Penumpang tidak perlu mengajukan permintaan atas voucher yang dananya tidak dapat dikembalikan jika telah memiliki tiket yang dananya dapat dikembalikan sepenuhnya.

1.3 Penerimaan voucher yang dananya tidak dapat dikembalikan oleh penumpang akan dianggap sebagai persetujuan dan penerimaan penuh oleh penumpang atas syarat dan ketentuan ini.

2. Penerbitan voucher yang dananya tidak dapat dikembalikan

2.1 Voucher yang dananya tidak dapat dikembalikan akan diterbitkan senilai harga penuh tiket yang tidak digunakan, termasuk pajak.

2.2 Dalam hal opsi berbayar yang dioperasikan oleh Air France atau KLM terkait dengan kupon tiket yang tidak digunakan, voucher tambahan yang dananya tidak dapat dikembalikan dapat diterbitkan untuk nilai penuh opsi berbayar yang belum digunakan. Untuk opsi “Menu la Carte” Air France, dinyatakan dengan tegas bahwa voucher yang dananya tidak dapat dikembalikan hanya dapat diterbitkan jika permintaan pembatalan dilakukan 48 jam sebelum keberangkatan penerbangan yang bersangkutan, sebagaimana disebutkan dalam ketentuan umum penjualan opsi ini (pasal. 1.3). Tidak ada voucher untuk makanan à la carte KLM karena pesanan tidak dapat diubah atau dibatalkan, sebagaimana tercantum dalam syarat dan ketentuan pilihan ini (pasal. 1.3).

2.3 Jumlah yang dapat digunakan disebutkan pada voucher yang dananya tidak dapat dikembalikan.

2.4 Jika mata uang voucher yang dananya tidak dapat dikembalikan adalah selain mata uang yang digunakan untuk menerbitkan harga tiket, maka nilai tukar mata uang yang berlaku adalah nilai tukar bankir Air France atau bank lokal KLM.

2.5 Jika penumpang memiliki tiket yang dapat diubah dengan dikenakan biaya tertentu, biaya tersebut akan dipotong dari nilai penuh. Nilai baru setelah potongan tersebut merupakan nilai voucher yang dananya tidak dapat dikembalikan. Mis.: Anda telah membeli tiket seharga EUR200 dengan ketentuan tarif yang menyatakan bahwa perubahan diizinkan dengan biaya misalnya EUR 50. Saat mengajukan permintaan atas voucher, biayanya akan dipotong, dan voucher akan bernilai EUR 150.

2.6 Voucher yang dananya tidak dapat dikembalikan akan diterbitkan per penumpang sesuai dengan nama penumpang pada tiket asli, meskipun penumpang melakukan pemesanan dalam reservasi yang sama dengan yang lain, setiap penumpang individu akan menerima voucher atas nama penumpang.

2.7 Untuk tiket dengan jenis tarif campuran (tiket keberangkatan tidak dapat dikembalikan dananya, sedangkan tiket kedatangan dapat), voucher yang dananya tidak dapat dikembalikan akan senilai harga penuh tiket yang tidak digunakan, tapi dananya tidak dapat dikembalikan sepenuhnya.

3. Penukaran voucher EMD dengan tiket baru

3.1 Voucher yang dananya tidak dapat dikembalikan akan digunakan untuk pembayaran tarif Air France, KLM, Delta Air Lines, atau Virgin Atlantic saat tiket Air France atau KLM diterbitkan.

3.2 Voucher yang dananya tidak dapat dikembalikan dapat digunakan untuk melakukan pra-pembelian produk dan layanan opsional lainnya (jika ditawarkan) pada penerbangan yang dioperasikan dan dipasarkan Air France atau KLM.

3.3 Pembelian dalam penerbangan tidak dapat dilakukan dengan voucher ini.

3.4 Jika, setelah pembayaran tiket, jumlah saldo pada voucher tidak berubah, voucher sisa yang dananya tidak dapat dikembalikan akan diterbitkan untuk jumlah tersebut, tetapi syarat dan ketentuan yang berkaitan dengan voucher asli akan tetap berlaku.

3.5 Jika penumpang memesan penerbangan baru dan reservasi baru lebih tinggi dari jumlah pada voucher yang dananya tidak dapat dikembalikan, penumpang harus membayar selisih tarif yang ada.

3.6 Jika penumpang membeli tiket baru dengan voucher yang dananya tidak dapat dikembalikan, yang dapat dikembalikan sepenuhnya atau dapat dikembalikan sebagian, dan penumpang kemudian meminta pengembalian uang tiket, penumpang akan menerima jumlah selisih yang dibayarkan, namun bagian yang dibayar dengan voucher yang dananya tidak dapat dikembalikan akan tetap tidak dapat dikembalikan.

4. Voucher yang dananya tidak dapat dikembalikan

4.1 Nilai penuh voucher tidak dapat dikembalikan dananya.

4.2 Dengan menyetujui ketentuan ini, penumpang kehilangan hak untuk meminta pengembalian uang tiket asli ketika menerima voucher yang dananya tidak dapat dikembalikan.

5. Voucher yang dananya tidak dapat dikembalikan tidak dapat dipindahtangankan

5.1 Voucher ini tidak dapat dipindahtangankan. Artinya, nama penumpang yang tertera pada tiket asli adalah penerima voucher yang dananya tidak dapat dikembalikan. Voucher ini hanya dapat digunakan untuk tiket baru atau tambahan dengan nama penumpang yang sama seperti pada voucher.

5.2 Voucher tidak dapat diperjualbelikan. Voucher tidak dapat dipertukarkan atau dijual. Menukar atau menjualnya akan membuat voucher menjadi tidak valid.

5.3 Hanya penumpang yang akan bertanggung jawab atas voucher miliknya, dan Air France dan KLM tidak bertanggung jawab kepada penumpang jika voucher telah digunakan oleh orang lain selain penumpang.

6. Validitas voucher yang dananya tidak dapat dikembalikan

6.1 Voucher yang dananya tidak dapat dikembalikan berlaku selama satu tahun sejak tanggal penerbitan voucher. Artinya, penumpang memiliki waktu satu tahun untuk menggunakan voucher untuk penerbangan baru di masa mendatang. Jika penumpang melebihi masa berlaku voucher, voucher akan hilang dan tidak dapat digunakan lagi.