Ketentuan WiFi dalam penerbangan

Dengan membeli voucher WiFi untuk digunakan selama penerbangan, Anda menerima ketentuan berikut.

Umum

Syarat dan Ketentuan untuk layanan WiFi ini (selanjutnya disebut: 'Persyaratan') berlaku terhadap pembelian dan ketentuan dari layanan WiFi yang dijelaskan lebih lanjut di pasal 1.1 dari Persyaratan ini (Selanjutnya disebut: 'Layanan WiFi') sejauh ini ditawarkan di dalam penerbangan oleh Koninklijke Luchtvaart Maatschappij N.V. dengan kantor terdaftar di Amsterdamseweg 55, 1182 GP Amstelveen, Belanda, terdaftar di Kamar Dagang dengan nomor 33014286 dan nomor PPN NL004983269B01 (selanjutnya disebut: 'KLM') ke penumpang pesawat (selanjutnya disebut: 'Pengguna').

Dengan menerima Persyaratan ini, Pengguna menyatakan dan menjamin bahwa (i) ia berusia sekurang-kurangnya 18 tahun dan memiliki kemampuan dan kesanggupan hak secara hukum untuk membuat perjanjian dengan KLM yang memberlakukan Persyaratan ini (selanjutnya disebut: ‘Perjanjian’) dan (ii) untuk menggunakan Situs Web ini sesuai dengan Persyaratan ini.

Sebelum penggunaan dan/atau pembelian Voucher WiFi untuk Layanan WiFi, mohon baca Persyaratan ini dengan cermat sebelum menerima dan menggunakan Layanan WiFi. Sejauh diizinkan di bawah hukum yang berlaku, KLM mempunyai hak untuk mengubah atau memodifikasi Persyaratan ini kapan saja, yang versi finalnya tersedia di situs web KLM.

1. Layanan WiFi

1.1. Layanan WiFi KLM terdiri dari satu atau beberapa layanan berikut sesuai yang dijelaskan di Portal KLM dan Persyaratan ini: connect.klm.com/#/wifi (hanya tersedia di pesawat)

1.2. Anda setuju dan mengakui bahwa Layanan WiFi adalah layanan standar dan diberikan sebagaimana adanya. Ini berarti bahwa Layanan WiFi akan disediakan untuk semua Pengguna dengan cara, fungsionalitas, dan batasan yang sama sesuai yang diatur dalam Persyaratan ini.

1.3. Untuk menggunakan Layanan WiFi, Pengguna mengakui dan menerima bahwa Pengguna harus mempunyai perangkat yang kompatibel dengan WiFi (mis. komputer dengan kartu nirkabel, ponsel cerdas atau tablet berkemampuan WiFi) yang layak untuk menjalankan koneksi WiFi (selanjutnya disebut ‘Perangkat’).

2. Pembelian Layanan WiFi

2.1."Pesan" Layanan WiFi dapat digunakan tanpa biaya dan dapat diperoleh dengan cara mengeklik layanan di Portal KLM. Dengan menggunakan "Pesan" Layanan WiFi, Anda menerima Persyaratan ini. Perjanjian penyediaan layanan pesan mulai berlaku pada saat KLM mengonfirmasi pesanan Pengguna untuk Layanan WiFi di Portal KLM.

2.2. Layanan WiFi "Surf" dan "Streaming" merupakan Layanan WiFi berbayar. Untuk menerima satu atau beberapa Layanan WiFi ini, Pengguna harus membeli Voucher WiFi (selanjutnya disebut: “Voucher WiFi”) dengan mengikuti instruksi khusus di connect.klm.com/#/wifi (hanya tersedia di pesawat) atau Situs Web, menyelesaikan proses pembayaran, serta menerima Persyaratan ini. Perjanjian penyediaan Layanan WiFi ini mulai berlaku pada saat KLM mengonfirmasi pesanan Pengguna untuk Layanan WiFi melalui e-mail. Voucher WiFi untuk penyediaan Layanan WiFi hanya dapat dibeli untuk penerbangan khusus yang menawarkan Layanan WiFi.

2.3. Selama KLM tidak mengonfirmasi pesanan Pengguna, tidak ada perjanjian yang disepakati dan hingga saat itu tiba, KLM mempunyai hak untuk menolak Layanan WiFi kapan saja kepada siapa saja dengan alasan apa saja.

2.4. Voucher WiFi untuk layanan WiFi dapat ditemukan di akun Anda di bawah "My WiFi", yang dapat diakses melalui Portal KLM. Voucher WiFi akan diaktifkan secara otomatis di Perangkat Pengguna jika Pengguna membeli Voucher WiFi di dalam pesawat saat penerbangan. Jika Pengguna membeli Voucher WiFi sebelum lepas landas, Voucher WiFi dapat diaktifkan oleh Pengguna melalui Portal KLM, baik di halaman beranda maupun bagian "My WiFi", dengan mengeklik tombol aktivasi yang ada di Voucher WiFi.

2.5. Pengguna hanya dapat membeli dan menggunakan satu Voucher WiFi pada satu waktu untuk penyediaan Layanan WiFi "Streaming" dan "Surf" di satu Perangkat. Jika Pengguna ingin melanjutkan Layanan WiFi di Perangkat lain, Pengguna dapat mematikan internet di satu Perangkat dan mengaktifkan layanan WiFi di Perangkat lainnya.

3. Penyediaan Layanan WiFi

3.1. Segera setelah Perjanjian disepakati, Pengguna dapat mengaktifkan Layanan WiFi sebagaimana ditetapkan dalam spesifikasi yang diberikan oleh KLM di Portal KLM: connect.klm.com/#/wifi (hanya tersedia di pesawat)

3.2. KLM akan melakukan upaya sewajarnya untuk menyediakan Layanan WiFi selama durasi penerbangan tertentu di mana Voucher WiFi telah dibeli, sebagaimana dijelaskan dalam pasal 3 ini.

3.3. Penyediaan Layanan WiFi tunduk pada ketersediaan dan batasan operasional dari perlengkapan yang diperlukan dan fasilitas terkait:

  • Saat lepas landas: tergantung pada peraturan setempat, konektivitas tersedia setelah Pengguna duduk di pesawat. Tidak semua negara mengizinkan hal ini dan di beberapa kasus, konektivitas diaktifkan setelah pesawat mencapai atau di atas 10.000 kaki.
  • Saat mendarat: saat penggunaan konektivitas tidak diizinkan selama pendaratan dan saat mendarat, konektivitas akan dimatikan setelah pesawat terbang lebih rendah dari 10.000 kaki.
  • Selama penerbangan, bandwidth tidak dijamin. Ada kemungkinan koneksi internet tidak tersedia untuk sementara atau tidak tersedia sama sekali akibat status koneksi satelit atau di atas wilayah atau negara tertentu yang memberlakukan pembatasan. Selain itu, gangguan Layanan sementara dapat terjadi secara wajar dalam penyediaan Layanan. KLM dapat membatasi penggunaan atau menginterupsi layanan WiFi secara sementara jika dirasa perlu oleh KLM untuk:
    • (perlindungan) keamanan dan/atau integritas Layanan WiFi;
    • pemulihan dari kerusakan atau pembobolan;
    • pemulihan dari gangguan; dan/atau
    • perubahan atau peningkatan sistem komputer KLM atau pemasok.

Sehubungan dengan kecepatan internet, Pengguna mengetahui dan menerima bahwa, karena sifat layanan (internet dalam pesawat), terdapat keterlambatan dalam penyediaan konektivitas yang menyebabkan Layanan WiFi menjadi lebih lambat dari kecepatan yang rata-rata dapat Pengguna harapkan ketika layanan serupa disediakan di darat. Meskipun begitu, Layanan WiFi sudah selayaknya memungkinkan Pengguna untuk menggunakan internet sesuai dengan fungsionalitas yang disediakan oleh KLM di Portal KLM: connect.klm.com/#/wifi (hanya tersedia di pesawat)

3.4. Pengguna selanjutnya mengetahui dan menerima bahwa KLM tidak mempunyai kontrol atas jaringan pihak ketiga yang mungkin saja diakses oleh Pengguna dalam penggunaan Layanan WiFi, dan oleh karena itu, penundaan dan gangguan transmisi jaringan lainnya berada di luar kontrol KLM.

3.5. Konten yang disediakan oleh pihak ketiga (selanjutnya disebut: ‘Konten Pihak Ketiga’) belum diautentikasi secara independen dengan menyeluruh atau sebagian oleh KLM atau bahkan jika KLM menyediakan tautan ke konten tersebut. KLM menyediakan tautan ke Konten Pihak Ketiga hanya untuk kenyamanan. KLM tidak menyediakan, menjual, melisensi, atau menyewakan Konten Pihak Ketiga apa pun selain yang telah diidentifikasi secara khusus sebagai konten yang disediakan oleh KLM.

4. Penggunaan Layanan WiFi

4.1. Pengguna perlu untuk menggunakan Layanan WiFi sesuai dengan Persyaratan ini dan tidak diizinkan menggunakan Layanan WiFi lain dengan tujuan lain apa pun selain yang diatur di Persyaratan ini.

4.2. Pengguna mengetahui dan setuju bahwa mereka bertanggung jawab untuk secara layak menjaga dan mengamankan rahasia dari Voucher WiFi dan, jika berlaku, nama pengguna dan kata sandi, dan menggunakan informasi tersebut hanya untuk penggunaan sendiri.

4.3. Pengguna tidak diizinkan untuk:

  • menggunakan Layanan WiFi untuk melakukan panggilan, termasuk penggunaan layanan IP sulih suara;
  • menyediakan akses ke Layanan WiFi untuk orang lain;
  • mendistribusikan, memberikan sublisensi, menyewakan, menjualkan, mengontrakkan, meminjamkan, atau jika tidak, mentransfer hak pengguna ke pihak ketiga mana pun;
  • menggunakan Layanan WiFi dengan cara yang dapat menyebabkan kerusakan, kelumpuhan, kepenuhan beban, atau merusak koneksi WiFi atau mencegah penggunaan normal oleh Pengguna lain;
  • merintangi atau mengganggu koneksi dan penggunaan WiFi, peralatan, perangkat yang memungkinkan konektivitasnya, atau gagal memenuhi persyaratan, prosedur, dan peraturan KLM;
  • menggunakan atau mencoba menggunakan Layanan WiFi untuk penggunaan yang melanggar otoritas, melanggar hukum, tidak sah dan/atau bertentangan dengan iktikad baik, kebiasaan, moralitas, dan ketertiban umum seperti, misalnya, berikut ini:
    • penggunaan apa pun yang memfitnah, mengancam, mengintimidasi, atau yang dapat digolongkan sebagai pelecehan;
    • memposting dan mengirimkan konten apa pun yang: berisi atau yang tidak senonoh, kata-kata kasar atau berisi bahasa atau materi yang abusif; mengandung materi pornografi (yaitu teks, gambar, film, klip video atau yang bersifat seksual secara eksplisit atau membangkitkan gairah); berisi gambar yang ofensif atau merendahkan tentang jenis kelamin, ras, agama, warna kulit, asal, usia, cacat fisik atau mental, kondisi medis atau orientasi seksual; berisi header pesan yang dipalsukan atau disalahartikan, baik secara keseluruhan atau sebagian, untuk menutupi pembuat pesan; menyerang privasi orang lain atau melanggar hukum atau tidak pantas;
    • menggunakan atau mentransfer perangkat lunak atau elemen lain termasuk virus, bug, Trojan horse, yang dapat memenuhi sistem KLM atau pihak ketiga, "mail bombing" (memenuhi sistem dengan email sampah), serangan penolakan layanan, membuat atau mengelola botnet, atau infeksi lainnya, termasuk namun tidak terbatas pada, kode atau file yang dapat dijalankan yang dapat digunakan untuk mengakses, mengubah, menghapus, atau merusak perangkat lunak atau perangkat keras, baik milik KLM atau pihak ketiga atau dokumen dan file elektronik yang disimpan dalam sistem tersebut, serta program atau elemen lainnya. dengan tujuan atau akibat yang melanggar hukum, terlarang, atau merugikan kepentingan dan hak pihak ketiga;
    • mengakses atau mencoba melakukan akses yang melanggar hukum atau tidak sah ke sistem, atau jaringan milik KLM atau pihak ketiga, atau mencoba mengatasi langkah-langkah keamanan sistem KLM atau pihak ketiga, dan prosedur lain apa pun yang dapat digunakan sebagai pembuat serangan ke sistem (pemindai port, dll.);
    • penyalahgunaan alamat IP yang disediakan untuk akses ke Layanan WiFi;
    • transfer atau penggunaan elemen perangkat lunak yang dapat mengirimkan elemen atau detail yang melanggar hak kekayaan intelektual, perlindungan data, atau hak lainnya, termasuk rahasia dagang atau informasi rahasia, baik milik KLM atau pihak ketiga;
    • segala cara propaganda, iklan, rantai, sistem piramida, peluang investasi, atau komunikasi komersial yang tidak diminta (SPAM) lainnya yang dapat melanggar peraturan tentang layanan masyarakat informasi dan perdagangan elektronik atau peraturan lain yang berlaku, jika sesuai.

4.4. Pengguna memahami dan setuju bahwa:

  • KLM dan/atau pihak ketiga yang dilibatkan oleh KLM dapat mengakses dan menyimpan, jika perlu sebagai ukuran proporsional, informasi yang disimpan di Perangkat Pengguna tersebut (seperti driver, perangkat lunak, dll.) untuk menghindari penyalahgunaan layanan WiFi, memecahkan masalah yang terkait dengan Perangkat atau jaringan, mengaktifkan, mengoperasikan dan memperbarui layanan WiFi dan perangkat lunak dan menyelidiki aktivitas yang mungkin melanggar Ketentuan ini;
  • KLM dapat diwajibkan oleh hukum yang berlaku atau sebagai tanggapan atas permintaan untuk berkolaborasi secara langsung atau tidak langsung dan, oleh karena itu, untuk memberikan segala jenis informasi kepada penegak hukum, lembaga pemerintah dan otoritas atau entitas lain, baik nasional maupun asing.

5. Kekayaan Intelektual

5.1. Hak kekayaan intelektual atas Layanan WiFi, termasuk Portal KLM, akan berada dan terus berada pada KLM dan/atau pemasoknya sebagaimana keadaannya.

6. Data pribadi

6.1. Kebijakan Privasi dan Kebijakan Cookie berlaku untuk pemrosesan data pribadi Anda oleh KLM dan/atau pihak ketiga yang dilibatkan oleh KLM untuk menyediakan Layanan WiFi.

7. Kewajiban

7.1. KLM tidak bertanggung jawab atas kehilangan keuntungan aktual atau yang sudah diperkirakan, kehilangan pendapatan, kehilangan tabungan yang sudah diperkirakan, kehilangan data, biaya pembelian layanan alternatif untuk mengurangi dan/atau memperbaiki kerusakan pada Layanan WiFi dan kerugian apa pun.

7.2. Tidak ada di dalam Syarat dan Ketentuan ini yang mengecualikan atau membatasi tanggung jawab KLM:

  • atas kerusakan yang muncul dari kesengajaan atau kelalaian stafnya; atau
  • selama KLM tidak diizinkan oleh hukum yang berlaku (konsumer) untuk membatasi kewajibannya.

8. Penghentian

8.1. Pihak-pihak dapat kapan saja menghentikan Perjanjian untuk kenyamanan sebelum dimulainya Layanan WiFi.

8.2. Pihak-pihak dapat menghentikan Perjanjian karena alasan sesuai dengan hukum yang berlaku. Pengguna mengakui dan menerima bahwa KLM dapat menghentikan Perjanjian karena suatu alasan jika Pengguna melanggar kewajibannya berdasarkan Persyaratan.

8.3. Pengguna dapat mengakhiri Perjanjian dengan menghubungi KLM. Jika terjadi penghentian atau jika Voucher WiFi tidak diaktifkan selama penerbangan, KLM akan mengembalikan harga pembelian Voucher WiFi secara otomatis.

8.4. Pengguna mengakui dan setuju bahwa ia tidak dapat menggunakan haknya untuk menarik diri dengan alasan apa pun dalam waktu 14 hari berdasarkan undang-undang konsumen yang berlaku (selanjutnya disebut: ‘Syarat Penarikan’) setelah penerbangan di mana Voucher WiFi tersebut dibeli. Saat penerbangan terjadi di momen Syarat Penarikan, dengan ini pengguna:

  • memberikan persetujuan secara eksplisit sebelumnya untuk memulai dengan Layanan WiFi selama Syarat Penarikan; dan
  • melepaskan haknya untuk menarik diri.

9. Hukum yang Berlaku dan Resolusi Sengketa

9.1. Untuk semua sengketa yang muncul dari atau berhubungan dengan Perjanjian ini, undang-undang Belanda berlaku di bawah pengecualian Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Kontrak untuk Penjualan Barang Internasional (CISG). Terlepas dari penerapan undang-undang Belanda, Pengguna yang merupakan konsumen juga menikmati perlindungan dari penyediaan wajib hukum negara di mana konsumen bertempat tinggal. Penerapan penyediaan wajib yang membatasi pilihan hukum dan khususnya penerapan hukum wajib negara, di mana konsumen bertempat tinggal, seperti undang-undang perlindungan konsumen, akan tetap tidak terpengaruh.

9.2.Informasi mengenai penyelesaian sengketa daring untuk sengketa konsumen atau mengenai penyelesaian sengketa alternatif untuk sengketa konsumen dapat ditemukan di situs web Komisi Eropa.

10. Pengesampingan

10.1. Jika ternyata sebuah pasal tertentu tidak dapat dipaksakan, hal ini tidak akan berdampak ke pasal lainnya.

11. Pertanyaan

11.1. Jika Anda mempunyai pertanyaan atau keluhan mengenai Layanan WiFi, Anda dapat menghubungi KLM Kontak Centre Pelanggan.