Tanggung jawab pengangkut udara

Sejalan dengan Konvensi Montreal 1999 (MC99), kami akan menjelaskan tanggung jawab kami jika terjadi kematian atau cedera pada penumpang, penundaan penerbangan, dan kerusakan bagasi atau kehilangan bagasi.

Penyangkalan

Ini adalah pemberitahuan yang diwajibkan oleh Regulasi Komunitas Eropa (European Community Regulation/ EC) No. 889/2002. Pemberitahuan ini tidak dapat digunakan sebagai dasar untuk klaim kompensasi maupun menginterpretasikan ketentuan dari Regulasi atau Konvensi Montreal, dan tidak merupakan bagian dari kontrak antara pengangkut dan Anda.

Pemberitahuan tidak akurat dalam menyatakan bahwa untuk kerugian hingga 128.821 SDR maskapai penerbangan tidak dapat menggugat klaim untuk kompensasi. Menurut Regulasi dan Konvensi Montreal, posisi pengangkut adalah sebagai berikut: untuk kerusakan hingga 128.821 Hak Penarikan Khusus terkait kematian atau cedera tubuh yang disebabkan oleh kecelakaan di atas pesawat atau selama lepas landas atau pendaratan, pengangkut tidak dapat mengecualikan atau membatasi tanggung jawabnya, kecuali jika ada kelalaian kontributif. Semua jumlah SDR dalam dokumen ini telah disesuaikan dengan peningkatan legal berlaku sejak Desember 2019.

Tanggung jawab pengangkut udara untuk penumpang dan bagasi mereka

Pemberitahuan informasi ini meringkas peraturan tanggung jawab yang diterapkan oleh pengangkut udara UE sebagaimana yang diwajibkan oleh Hukum UE dan Konvensi Montreal.

Kompensasi dalam hal kematian atau cedera

Tidak ada batasan finansial untuk tanggung jawab atas cedera atau kematian penumpang. Untuk kerusakan hingga 128.821 Hak Penarikan Khusus (sekitar EUR 160.000), pengangkut udara tidak dapat menggugat klaim untuk kompensasi. Jika melebihi jumlah tersebut, pengangkut udara dapat membela diri terhadap klaim dengan membuktikan bahwa pengangkut tidak lalai atau melakukan kesalahan.

Pembayaran di muka

Jika penumpang terbunuh atau terluka, pengangkut udara harus melakukan pembayaran di muka untuk menutup kebutuhan ekonomi mendesak dalam waktu 15 hari sejak identifikasi orang yang berhak atas kompensasi. Jika terjadi kematian, pembayaran di muka ini tidak boleh kurang dari 16.000 Hak Penarikan Khusus (sekitar EUR 20.000).

Penundaan penumpang

Dalam hal penundaan penumpang, pengangkut udara bertanggung jawab atas kerusakan, kecuali pengangkut udara sudah mengambil semua langkah sewajarnya untuk menghindari kerusakan atau tidak memungkinkan bagi mereka untuk mengambil langkah tersebut. Tanggung jawab atas penundaan penumpang dibatasi hingga 5.346 Hak Penarikan Khusus (sekitar EUR 6.690).

Penundaan bagasi

Dalam hal penundaan bagasi, pengangkut udara bertanggung jawab atas kerusakan, kecuali pengangkut udara sudah mengambil semua langkah sewajarnya untuk menghindari kerusakan atau tidak memungkinkan bagi mereka untuk mengambil langkah tersebut. Tanggung jawab atas penundaan bagasi dibatasi hingga 1.288 Hak Penarikan Khusus (sekitar EUR 1.610).

Kerusakan, kehilangan, atau kerugian pada bagasi

Pengangkut udara bertanggung jawab atas kerusakan, kehilangan, atau kerugian pada bagasi hingga 1.288 Hak Penarikan Khusus (sekitar EUR 1.610). Dalam hal bagasi yang diperiksa, pengangkut bertanggung jawab, meskipun tidak melakukan kesalahan, kecuali bagasi memang rusak. Dalam hal bagasi yang tidak diperiksa, pengangkut hanya bertanggung jawab jika melakukan kesalahan.

Batasan lebih tinggi untuk bagasi

Penumpang dapat memanfaatkan batasan tanggung jawab yang lebih tinggi dengan membuat pernyataan khusus selambat-lambatnya saat check in dan dengan membayar biaya tambahan.

Keluhan bagasi

Jika bagasi mengalami kerusakan, tertunda, hilang, atau hancur, penumpang harus menulis dan mengajukan keluhan kepada pengangkut udara sesegera mungkin. Dalam hal kerusakan pada bagasi yang diperiksa, penumpang harus menulis dan mengajukan keluhan dalam waktu tujuh hari, dan dalam hal penundaan dalam waktu 21 hari, untuk kedua kasus sejak tanggal bagasi diserahkan kepada penumpang.

Tanggung jawab pengangkut menurut kontrak dan sesungguhnya

Jika pengangkut udara yang melakukan penerbangan sesungguhnya tidak sama dengan pengangkut udara menurut kontrak, penumpang berhak untuk menyampaikan keluhan atau meminta klaim atas kerusakan kepada keduanya. Jika nama atau kode pengangkut udara tertera pada tiket, maka pengangkut udara tersebut merupakan pengangkut udara menurut kontrak.

Batas waktu untuk tindakan

Tindakan apa pun di pengadilan untuk mengklaim kerusakan harus diajukan dalam waktu dua tahun sejak tanggal kedatangan pesawat atau sejak tanggal pesawat seharusnya tiba.

Dasar informasi

Dasar peraturan yang diuraikan di atas adalah Konvensi Montreal tanggal 28 Mei 1999 yang dilaksanakan di UE menurut Regulasi (EC) No. 2027/97 (sebagaimana telah diubah oleh Regulasi (EC) No. 889/2002) dan perundang-undangan nasional Negara Anggota.