Manajemen KLM

Temui manajemen KLM: Komite Eksekutif, Dewan Pengawas, dan Direktur-Direktur kami.

Komite Eksekutif

Manajemen KLM berada pada Tim Eksekutifnya. Managing Director yang ditetapkan adalah Presiden dan Chief Executive Officer Pieter Elbers, Managing Director dan Chief Financial Officer Erik Swelheim, dan Managing Director dan Chief Operating Officer René de Groot.

Lihat anggota Komite Eksekutif KLM

Dewan Pengawas

Dewan Pengawas mengawasi manajemen oleh Dewan Direktur Manajemen dan kinerja KLM secara umum. Dewan Pengawas terdiri dari Cees 't Hart (ketua), François Enaud, Jan-Kees de Jager, Christian Nibourel, Marjan Oudeman, Fleur Pellerin, Pierre-François Riolacci, Benjamin Smith dan Janine Vos.

Biografi Pieter Elbers

Pieter (J.Th.) Elbers (1970) - Presiden dan Chief Executive Officer - adalah veteran industri maskapai penerbangan dengan lebih dari 25 tahun pengalaman bersama KLM. Dia memulai kariernya di KLM pada tahun 1992 sebagai manajer loading Pesawat, kemudian sejumlah posisi manajemen di Belanda, dan juga 6 tahun di luar Belanda (di Italia, Yunani, dan Jepang). Dia bergabung ke Dewan Manajemen KLM pada tahun 2011 sebagai Chief Operating Officer. Tahun 2014, dia menjadi Presiden dan CEO.

Tanggung jawabnya adalah mengelola keseluruhan strategi dan kinerja KLM. Pada peran ini, mengatur prioritas strategis untuk mengungkit keuntungan kompetitif perusahaan adalah fokus utamanya. Dia juga bertanggung jawab untuk urusan eksternal dan hubungan dengan pemangku kepentingan eksternal dan internal, dan juga untuk lebih mengembangkan dan meningkatkan (perusahaan patungan) aliansi dan (SkyTeam) kemitraan. Selain itu, dia juga bertanggung jawab untuk menjaga organisasi dan operasi yang fokus pada pelanggan, inovatif, dan efisien. Batu pijakan penting dalam mencapai tujuan-tujuannya adalah pemimpin tim eksekutif yang memiliki motivasi dan membangun budaya perusahaan yang kuat dan adil.

Beliau adalah anggota Komite Eksekutif Air France KLM Group. Selain itu, beliau juga menjadi anggota Badan Pengawas Marfo B.V, anggota Dewan Konfederasi Industri dan Pengusaha Belanda (VNO-NCW), dan anggota Dewan Gubernur IATA.

Pieter Elbers lulus dari Open University di Amsterdam (Master Administrasi Bisnis) dan Akademi Venlo (Sarjana Manajemen Logistik). Selain itu, dia telah menyelesaikan program eksekutif di IMD - Lausanne, Columbia University - New York dan Tsinghua - Beijing. Dia sudah menikah dan punya 3 orang anak.

Biografi Erik Swelheim

Erik (R.) Swelheim (1965) – Managing Director dan Chief Financial Officer - memulai kariernya di KLM tahun 2004 sebagai Pengontrol Perusahaan. Dia menjadi Chief Financial Officer tahun 2012 dan bergabung ke Dewan Direktur Utama tahun 2014. Sebelum bekerja di KLM, dia memegang beberapa posisi finansial di Unilever, seperti Manajer Keuangan Iglo-Ola di Belanda, Direktur Keuangan Rantai Pasokan Eropa di DiverseyLever dan Direktur Keuangan JohnsonDiversey dan DiverseyLever di Prancis.

Dalam tanggung jawab bersama Dewan Direktur Utama, dia adalah CFO yang mengelola keuangan & perbendaharaan perusahaan KLM, perencanaan & pelaporan keuangan, dan manajemen risiko keuangan. Sebagai Managing Director Pengadaan dan IT KLM adalah bagian dari area fokusnya. Dia adalah anggota Komite Keuangan IATA. Selain itu, dia adalah anggota Dewan Pengawas Transavia, 100 persen anak perusahaan KLM.

Erik Swelheim adalah lulusan University of Amsterdam (Master Ekonomi Bisnis) dan Vrije Universiteit di Amsterdam (Pasca Sarjana Pengawas Keuangan - RC).

Biografi René de Groot

René (M.) de Groot (1969) – Managing Director dan Chief Operating Officer - memulai kariernya di KLM tahun 1990 sebagai seorang pilot. Posisi terakhirnya sebagai pilot adalah kapten Airbus A330 sampai tahun 2012. Tahun 1999, dia bergabung dengan Dewan Persatuan Pilot Belanda VNV, dan menjabat sebagai Presiden VNV dari 2005 sampai 2009. De Groot adalah Wakil Presiden Federasi Internasional Asosiasi Pilot Maskapai (IFALPA) tahun 2010/2011. Tahun 2012, dia melakukan transisi ke posisi pelaksana di Teknisi & Pemeliharaan, menjadi Wakil Presiden Operasi Senior, sebelum bergabung ke Dewan Direktur Utama tahun 2015 sebagai Chief Operating Officer. Dia juga seorang Accountable Manager KLM.

Dalam tanggung jawab bersama Dewan Direktur Utama, dia adalah COO yang mengelola Operasi Bisnis Penumpang KLM, dengan 35 juta penumpang tiap tahunnya, 734 penerbangan setiap hari ke 171 tujuan dan 20.000 staff.

Sebagai Accountable Manager KLM, dia bertanggung jawab ke Otoritas Aviasi Publik Belanda (CAA-NL) untuk menjaga keamanan dan kepatuhan standar operasional yang disyaratkan oleh regulasi, dan memiliki tanggung jawab terakhir untuk Sertifikat Operator Udara (AOC). Dalam tanggung jawabnya, dia bertanggung jawab untuk keseluruhan Sistem Manajemen Keamanan Terintegrasi (ISMS).

René de Groot lulus sebagai pilot pesawat dari Rijksluchtvaartschool. Selain itu, dia telah menyelesaikan beberapa kursus kepemimpinan keamanan aviasi (Baines Simmons) dan sebuah program eksekutif (Darden Business School, USA).