Manajemen KLM

Temui manajemen KLM: Komite Eksekutif, Dewan Pengawas, dan Direktur-Direktur kami.

Komite Eksekutif

Manajemen KLM dipegang oleh Tim Eksekutifnya. Direktur Pelaksana resmi KLM adalah Presiden dan Chief Executive Officer Marjan Rintel & Direktur Pelaksana dan Chief Financial Officer Erik Swelheim.

Lihat anggota Komite Eksekutif KLM

Dewan Pengawas

Dewan Pengawas mengawasi manajemen oleh Dewan Direktur Manajemen dan kinerja KLM secara umum. Dewan Pengawas terdiri dari Cees 't Hart (ketua), François Enaud, Jan-Kees de Jager, Christian Nibourel, Marjan Oudeman, Fleur Pellerin, Pierre-François Riolacci, Benjamin Smith dan Janine Vos.

Biografi Marjan Rintel 

Marjan E.F. Rintel (1967) – Presiden dan CEO – memiliki rekam jejak cemerlang dalam industri penerbangan sipil. Setelah menyelesaikan studinya, Rintel pernah menjabat berbagai posisi di Bandara Schiphol Amsterdam. Sejak tahun 1999, beliau bergabung dengan KLM dan telah merasakan berbagai peran sampai tahun 2014. Beliau mengenal seluk-beluk perusahaan ini dari dalam: secara operasional dan komersial. Pada tahun 2014, Rintel pindah dari KLM ke NS (Kereta Api Belanda). Selama enam tahun, beliau menjabat sebagai Direktur Operasional di Dewan Eksekutif. Pada 2020, beliau ditunjuk sebagai Ketua Dewan. Pada 1 Juli 2022, beliau kembali ke KLM dan menduduki kursi Presiden dan CEO.

Rintel bertanggung jawab atas keseluruhan strategi dan performa KLM. Di posisi ini, beliau memegang peranan penting untuk menetapkan prioritas strategis demi memperkuat posisi pasar KLM. Selain itu, beliau berkomitmen membantu KLM bangkit dari krisis COVID-19 sembari memastikan KLM makin ramah lingkungan. Visi ini dan peran inovasi di dalamnya sangat perlu dikembangkan lebih lanjut.

Beliau juga bertugas menjaga dan memperkuat organisasi yang memprioritaskan pelanggan dan efisien ini. Fokusnya adalah mengembangkan dan meningkatkan kolaborasi, kemitraan, dan memperkuat posisi sosial KLM. Rintel yakin bahwa ikatan antara KLM dan masyarakat harus diperkuat dengan mengutamakan sikap saling pengertian.

Dalam perannya sebagai Presiden KLM, Rintel adalah anggota Komite Eksekutif Air France KLM Group dan Komite CEO. Beliau juga memegang berbagai posisi lain.

Rintel menempuh studi Administrasi Bisnis di Universitas Groningen.

Biografi Erik Swelheim

Erik (R.) Swelheim (1965) – Managing Director dan Chief Financial Officer - memulai kariernya di KLM tahun 2004 sebagai Pengontrol Perusahaan. Dia menjadi Chief Financial Officer tahun 2012 dan bergabung ke Dewan Direktur Utama tahun 2014. Sebelum bekerja di KLM, dia memegang beberapa posisi finansial di Unilever, seperti Manajer Keuangan Iglo-Ola di Belanda, Direktur Keuangan Rantai Pasokan Eropa di DiverseyLever dan Direktur Keuangan JohnsonDiversey dan DiverseyLever di Prancis.

Dalam tanggung jawab bersama Dewan Direktur Utama, dia adalah CFO yang mengelola keuangan & perbendaharaan perusahaan KLM, perencanaan & pelaporan keuangan, dan manajemen risiko keuangan. Sebagai Managing Director Pengadaan dan IT KLM adalah bagian dari area fokusnya. Dia adalah anggota Komite Keuangan IATA. Selain itu, dia adalah anggota Dewan Pengawas Transavia, 100 persen anak perusahaan KLM.

Erik Swelheim adalah lulusan University of Amsterdam (Master Ekonomi Bisnis) dan Vrije Universiteit di Amsterdam (Pasca Sarjana Pengawas Keuangan - RC).